7 Cara Membersihkan Marmer Hitam sekaligus Mengkilapkannya | Jual Marmer Import, Granit Import, Harga Marmer Import Italy, Marmer Italy,Marmer Import,

Slider Background

7 Cara Membersihkan Marmer Hitam sekaligus Mengkilapkannya

Tuesday, 4 July 2017

7 Cara Membersihkan Marmer Hitam sekaligus Mengkilapkannya

Cara membersihkan marmer hitam ternyata bisa dengan menggunakan bahan-bahan sederhana yang mudah ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membersihkan marmer hitam.

Cara Membersihkan Marmer Hitam dengan Bahan yang Mudah Didapat
1.      Baking soda
Baking soda bisa dijadikan bahan pembersih marmer hitam yang cukup ampuh. Bahannya pun mudah didapatkan dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah dengan membuat larutan baking soda dengan perbandingan satu sendok makan baking soda dengan satu baskom air. Larutan tersebut diaduk hingga rata. Gunakan kain mikrofiber untuk mengusap lantai marmer dengan larutan baking soda tersebut. Setelah selesai, bilas hingga bersih dengan kain kering. Pastikan tidak ada bekas yang tertinggal.

2.      Deterjen cair
Cara membersihkan marmer warna hitam dengan bahan yang mudah didapat selanjutnya adalah dengan menggunakan deterjen cair. Caranya adalah dengan mencampurkan deterjen cair dengan air. Perbandingannya adalah air sebanyak 1 gelas dan deterjen cair pembasuh marmer dengan bantuan kain yang lembut. Setelah selesai, bilas dengan air bersih dan keringkan hingga kering 100%.
3.      Amonia
Amonia adalah cairan bersifat basa yang sangat aman digunakan untuk membersihkan bahan batuan yang tidak tahan terhadap asam seperti marmer. Amonia ini juga banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Caranya adalah dengan mencampurkan amonia dengan air. Perbandingannya adalah 1sendok teh amonia dengan 1 cangkir air. Setelah larutan diaduk rata, larutan itu digunakan untuk membasuh noda yang ada di permukaan marmer. Setelah selesai, bilas dan keringkan.
4.      Hidrogen peroksida
Cairan pembersih marmer yang umum digunakan adalah hidrogen peroksida. Larutan ini juga bersifat basa dan cocok digunakan untuk membersihkan marmer. Caranya adalah dengan menggosok secara lembut larutan ini dengan kain yang lembut. Jika noda sudah terangkat, bersihkan dengan air dan kain kering. Catatan penting untuk marmer hitam jika menggunakan hidrogen peroksida sebagai cairan pembersih adalah jangan terlalu lama membiarkan hidrogen peroksida berada di atas permukaan marmer, karena marmer hitam bisa memudar warnanya jika terlalu lama bereaksi dengan hidrogen peroksida. Segera bilas dengan bersih setelah noda benar-benar terangkat.
5.      Pembersih marmer khusus
Jika ingin main aman, gunakan saja pembersih marmer khusus. Ada beberapa jenis pembersih marmer khusus yang dijual di pasaran. Sesuaikan pilihan dengan kondisi marmer di rumah. Cara membersihkan marmer hitam dengan bahan ini adaladh dengan melarutkan cairan dengan air sesuai takaran yang ada di balik kemasan. Gunakan larutan tersebut untuk membasuh noda yang ada pada marmer. Bilas hingga bersih dan keringkan.

6.      Sabun cuci piring
Cara membersihkan noda marmer hitam berikutnya adalah dengan menggunakan bahan sederhana sabun cuci piring. Selain mudah didapatkan, sabun cuci piring ini juga aman digunakan untuk marmer karena cenderung bersifat netral. Caranya adalah dengan melarutkan sabun cuci piring dengan air hangat. Perbandungannya adalah ½ gayung air hangat sedangkan sabun cuci piringnya kira-kira 2 sendok makan. Aduk hingga rata, kemudian gunakan larutan itu untuk membasuh noda yang ada di atas marmer hitam.  Bilas dan keringkan.
7.      Tepung maizena
Untuk noda di atas marmer hitam yang membandel dan berlemak seperti noda minyak atau sisa makanan berlemak, gunakan tepung maizena atau tepung jagung. Tepung maizena ini memiliki sifat menyerap minyak dan lemak, sehingga aman digunakan untuk membersihkan marmer hitam. Caranya adalah dengan menaburkan tepung maizena di atas noda minyak atau lemak selama kurang lebih 20 menit. Biarkan minyak meresap. Jika minyak sudah meresap, bersihkan tepung maizena tersebut dengan lap. Bilas hingga bersih dan keringkan segera. Jika minyak masih ada, ulangi cara yang sama hingga minyak benar-benar hilang.
Cara Mengkilapkan Marmer Hitam dengan Bahan Pembersih
Beberapa bahan pembersih dari ketujuh bahan pembersih marmer hitam di atas ternyata juga bisa membantu mengkilapkan marmer. Bahan-bahan tersebut diantaranya:
·         Baking soda
·         Deterjen cair
·         Hidrogen peroksida
·         Amonia

Cara mengkilapkan marmer dengan bahan-bahan tersebut adalah:
1. Buat larutan dari salah satu bahan yang diinginkan dari keempat bahan tersebut. Caranya sama dengan cara ketika membuat larutan untuk membersihkan marmer yang juga sudah dijelaskan di atas.
2. Celupkan kain yang memiliki serat lembut untuk mengaplikasikan larutan pada permukaan marmer hitam.
3. Biarkan cairan selama kurang lebih 1 jam. Untuk larutan dengan hidrogen peroksida, cukup 30 menit saja karena berpotensi mengurangi kegelapan warna dari marmer hitam.
4. Kemudian bilas dengan air bersih. Setelah itu, keringkan dengan kain kering yang bisa menyerap debu.
5. Bila perlu, tambahkan juga bahan kimia pengkilap marmer yang bisa didapatkan di toko bangunan.

Itulah 7 cara membersihkan marmer hitam dan tips untuk mengkilapkannya dengan bahan yang mudah didapatkan.
« PREV

No comments

Post a comment