Cara Pasang Granit Pada Kitchen Set untuk Mengubah Tampilannya Seperti Baru | Jual Marmer Import, Granit Import, Harga Marmer Import Italy, Marmer Italy,Marmer Import,

Slider Background

Cara Pasang Granit Pada Kitchen Set untuk Mengubah Tampilannya Seperti Baru

Tuesday, 4 July 2017

Cara Pasang Granit Pada Kitchen Set untuk Mengubah Tampilannya Seperti Baru

Cara pasang granit pada kitchen set harus dilakukan dengan benar sehingga hasilnya akan sempurna. Pemasangan bahan granit pada kitchen set lama Anda akan membuatnya terlihat seperti baru lagi dan menjadi lebih menarik. Dengan demikian Anda tidak perlu membeli kitchen set baru yang harganya sangat mahal. Selain itu dengan melakukan sedikit renovasi pada kitchen set yang berada di dapur rumah Anda, justru akan membuat seluruh penampilan dapur menjadi berbeda sehingga Anda tidak perlu melakukan renovasi pada seluruh bagian dapur. Apalagi bahan granit merupakan bahan yang sangat awet karena terbuat dari batuan alam sehingga membuat kitchen set jadi bisa digunakan lebih lama.

Agar dapat melakukan cara memasang granit yang benar tentunya Anda harus mengetahui langkah yang benar pula, berikut beberapa langkah yang perlu dilakukan:

1.      Mengukur kitchen set
Sebelum melakukan pemasangan tentunya Anda harus mengetahui besar granit yang dibutuhkan untuk dipasangkan ke kitchen set di dapur. Karena itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah melakukan pengukuran pada kitchen set tersebut. Pastikan ukurannya pas karena Anda perlu memesan granit dengan besar yang sesuai. Jangan lupa bahwa bagian pinggir dari bahan granit akan sedikit menonjol keluar dari kitchen set tersebut, karena itulah tambahkan sela beberapa centimeter dari ukuran kitchen set yang sebenarnya.

Hal kedua yang perlu diukur adalah lubang-lubang yang terdapat di kitchen set tersebut seperti lubang wastafel serta lubang kompor tanam. Untuk memudahkan proses selanjutnya, lebih baik membuat template dari kitchen set tersebut menggunakan kertas semen. Tempel kertas semen ke atas kitchen set sama seperti Anda akan memasangkan bahan granit nantinya. Gunakan kertas semen yang ukurannya sama seperti bahan granit yang akan dipasang nanti. Kemudian lubangi kerta semen tersebut sesuai dengan ukuran dan posisi semua lubang yang ada di kitchen set. Dengan demikian Anda akan memiliki template berukuran sebenarnya dari bahan granit yang akan dipasang nanti.

2.      Memotong bahan granit
Setelah semua ukuran tersedia, sekarang Anda sudah dapat memotong bahan granit yang akan digunakan melapisi permukaan kitchen set. Gunakan mesin potong granit untuk dapat memotong dengan mudah dan hasilnya juga akan sempurna. Tempelkan template yang terbuat dari kertas semen yang tadi sudah diukur ke atas permukaan bahan granit. Kemudian potong bahan granit sesuai dengan ukuran yang ada di template kertas semen tersebut.

Karena harus menggunaakan mesin potong khusus memang tidak mudah untuk dapat memotong bahan granit. Karena itulah jika memang Anda kesulitan untuk memotongnya maka lebih baik membeli bahan granit yang sudah dipotong oleh suppier. Anda hanya perlu memberikan ukuran yang pas sesuai dengan template yang sudah dibuat tadi ke supplier dan mereka yang akan melakukan proses pemotongan. Namun perlu diingat bahwa bahan granit yang sudah dipotong memiliki harga yang lebih mahal karena akan ditambah dengan biaya pemotongan, tetapi ini lebih baik daripada mencoba memotongnya sendiri namun hasilnya tidak memuaskan.

3.      Mencocokkan bahan granit
Setelah bahan granit selesai dipotong, sebaiknya sekarang Anda mencocokkan bahan granit tersebut terlebih dahulu sebelum mulai langkah cara pasang granit meja dapur berikutnya. Taruh granit tersebut ke atas permukaan kitchen set dan perhatikan apakah ukurannya sudah pas atau belum. Untuk ukuran yang belum pas dapat dilakukan penyesuaian lebih lanjut tetapi jika ukurannya memang sudah pas maka Anda dapat mengangkat bahan granit dan mulai langkah berikutnya.

4.      Buat cairan perekat
Untuk dapat memasangkan bahan granit ke kitchen set Anda memerlukan cairan perekat sebagai lemnya. Buatlah cairan perekat sesuai dengan bahan granit yang Anda gunakan kemudian oleskan ke permukaan kitchen set. Gunakan roskam bertakik untuk membuat garis lubang pada cairan perekat agar hasilnya rata dan tidak terlalu tipis karena lubang tersebut tidak boleh sampai menyentuh permukaan kitchen set.

5.      Pemasangan granit
Setelah cairan perekat selesai dioleskan, Anda dapat melakukan pemasangan granit secepatnya. Angkat bahan granit tersebut dan posisikan di atas kitchen set. Pastikan posisinya sudah benar-benar tepat sebelum Anda menempelkan bahan granit ke kitchen set sehingga Anda tidak perlu berulang kali menggesernya nanti. Tunggu selama satu atau dua hari agar cairan perekat kering sebelum melanjutkan langkah berikutnya.

6.      Tutup celah dan finishing
Diantara lubang wastafel dan kompor tanam yang dibuat tadi akan terdapat celah dengan bahan granit. Tutuplah celah tersebut menggunakan resin agar hasilnya terlihat rapi dan menghindari kotoran masuk ke antara celah. Anda juga dapat memberikan finishing agar bahan granit lebih awet dan tahan terhadap noda.

Demikianlah cara pasang granit pada kitchen set yang bisa Anda lakukan jika ingin merenovasi kitchen set lama dan mengubahnya agar terlihat jadi seperti baru lagi.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment